• November 16, 2022

7 Minuman Tradisional Khas Betawi Paling Segar dan Nikmat

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak jenis makanan dan minuman menarik untuk dicicipi. Berwisata kuliner di Indonesia merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak jenis makanan menarik untuk di coba adalah Jakarta, terutama dari mereka yang merupakan suku Betawi.

Ada banyak minuman khas Betawi yang memiliki cita rasa unik dan sayang untuk dilewatkan. Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa minuman khas Betawi yang dapat kamu coba.

Rekomendasi Minuman Khas Betawi

1. Tuak

Pertama yang akan kami bahas adalah tuak, sebuah minuman beralkohol yang merupakan fermentasi dari beras, nira pohon aren, atau bahan buah yang terdapat kandungan gulanya. Mungkin kamu sering kali mendengar tentang tuak di luar jawa, ternyata ini merupakan minuman khas Betawi, loh. Dulu tuak dijual dengan menggunakan kemasan bambu betung atau bambu ukuran besar, ini membuat tuak menjadi memiliki aroma yang khas.

2. Es Cendol Betawi

Selanjutnya adalah es cendol betawi, di mana kamu dapat dengan mudah menemukan minuman segar satu ini. Biasanya es cendol terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama dengan gula merah cair, es serut, dan santan. Umumnya penyajiannya mirip dengan es cincau.

3. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan minuman yang masih sering kali dijumpai di beberapa acara, khususnya di Jakarta. Minuman ini selain dapat melegakan dahaga, juga dapat mengganjal perut karena terbuat dari tepung beras. Nama dari selendang mayang ini berasal dari bentuk dan uga warna dari minuman yang memiliki banyak warna.

4. Es Goyang

Pasti kamu sudah tidak asing dengan yang satu ini, es goyang. Siapa sangka kalau jajanan tradisional khas Betawi ada yang berupa es krim? Mungkin saat ini sudah cukup sulit untuk menemukan jajanan es goyang, namun kamu tetap dapat menemukannya di festival makanan di Jakarta. Makanan ini memiliki berbagai rasa menarik yang dapat kamu coba, salah satunya adalah rasa ketan hitam yang menjadi favorit banyak orang.

5. Es Campur Betawi

Seharusnya para pencinta kuliner sudah tidak asing lagi dengan es campur, bukan? Minuman ini dulu sering dijual oleh para pedagang kaki lima dengan cara berkeliling, namun sekarang kamu sudah bisa menikmati segarnya es campur di banyak restoran. Minuman khas Betawi ini berisi es serut, sirup, agar-agar, dan cincau.

6. Es Doger

Banyak jenis minuman es khas Betawi yang sampai saat ini masih populer, salah satunya adalah es doger ini. Es Doger sampai saat ini masih terkenal dan bahkan kamu dapat menemukannya di berbagai tempat. Nama es doger ini berasal dari kata dorong gerobak, karena biasanya penjual es doger akan menjual dagangannya dengan cara mendorong gerobak. Bahan pembuatan es doger sangat mudah untuk didapatkan, seperti ketan hitam, pacar cina, roti tawar, es serut, tapai singkong, sirup merah, dan susu kental manis.  

7. Bir Pletok

Terakhir yang akan kami bahas adalah bir pletok, minuman khas Betawi yang pasti sudah tidak asing lagi bukan? Meski bernama bir, tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali, sehingga siapapun dapat meminumnya. Bir ini terbuat dari campuran rempah-rempah, seperti jahe, serai, dan daun pandan wangi. Biasanya orang menambahkan kayu secang agar membuat warna bir pletok semakin mencolok.

Itulah beberapa jenis minuman khas Betawi yang dapat kamu coba saat melakukan wisata kuliner khususnya di Jakarta.